Gimana Caranya Dapat Teman dari Luar Negeri?: Review Aplikasi Bottled [UPDATED]


Well, karena post ini ternyata ramai trafficnya, kuputusin buat tulis ulang review sekaligus aku bakal kasih tips-tips yang (semoga sih) bermanfat buat kalian. Tapi aku mau cerita dulu kalau aku udah main aplikasi Bottled sejak tahun 2017, huhu nangis kayaknya kok gabut banget hidupku 3 tahun main app kayak ginian woy 😭 tapi nggak deng, aku bolak-balik uninstall aplikasi ini kok, sering bosen juga beberapa bulan stop nggak main.

tampilan awal

Oke langsung aja ya ke review-nya! So far selama penggunaan 3 tahun aplikasi ini banyak banget perkembangannya. Fitur-fiturnya nggak selengkap sekarang. Contohnya fitur reply to message dan voice note itu bener-bener baru update tahun 2020 ini! reply to message ini ngebantu banget sih buat menandakan kita lagi balas pesan yang mana. Tapi buat fitur voice note nya agak kurang alus soalnya masih banyak delay dan kurang smooth aja gitu. smooth sama alus nggak ada bedanya ya btw :(

Bottled kan pasang klaim sebagai aplikasi buat cari teman di seluruh dunia, terus gimana? beneran bisa dapet temen dari luar negeri? jawabannya terbukti bisa, bisa banget. ini setelah aku ngitung beneran ya, ada 179 negara terdaftar di aplikasi ini, besar kemungkinan kamu bisa dapet teman dari setiap negara itu. Terus berdasarkan pengalaman, user dari India, Indonesia, dan United States itu yang paling mendominasi. Nah, sekarang kita mulai bahas bagaimana memulai semua ini, mulai cari temen maksudnya..

1. Download aplikasinya, terus bikin account, lengkapin profil

2. Tulis surat pertamamu!

Oke aku kasih tips gimana caranya biar surat-surat yang bakal kamu kirim nggak terlalu mainstream alias ngebosenin. Perkenalan boleh, tapi plis, jangan terlalu baku, orang bakal bosen bacanya. contoh perkenalan yang terlalu baku kurang lebih seperti ini:
Hello, my name is Agus Dwi Saputra. I'm 18 yeors old. I study psychology in the university. I'm here to make friends.
C'mon guys be creative! informasi yang kek gitu dengan mudah bisa mereka dapatkan dengan cara liat profilmu 😭 nggak perlu lah diceritain lagi di surat. kamu bisa tulis random things yang tiba-tiba muncul di otak, atau memulai surat dengan pertanyaan. misalnya, "do you have a pet? how many times you feed them in a day? i have a plan to adopt a cat!" pertanyaan seperti itu kan secara tidak langsung bakal membuka topik buat kalian untuk bercakap-cakap. let the convos flow aja.

tips selanjutnya yaitu isi surat plis.. tolong.. jangan terlalu cringy alias cringe. orang-orang bakal illfeel duluan kalau baca surat-surat yang cringy, contohnya: 

ini sebenernya masih kurang cringy sih, ada banyaaak banget yg lebih dari ini, tp pas dapet yg cringe gk sempat ss :( :(

selain itu, isi surat jangan terlalu panjang dan satu hal yang perlu di ingat adalah JANGAN TERLALU THRISTY plis banget ini terutama buat cewek-cewek, sebenernya cowok-cowok juga sih, pokoknya semua deh! maksudnya thristy tuh gimana? gini lho, in some cases banyak banget kutemuin surat-surat yang isinya tuh secara gamblang menyebutkan bahwa si sender ini sedang mencari pasangan. biasanya kayak gini bunyinya:
Hi there beautiful people, im here looking for girlfriend ❤🧡🧡😘😍
i'm waiting for an angel to come in my live, please be my girlfriend😇💓💕😘😇😍😘
aduh, ada banyak banget surat-surat thristy yang pernah aku temuin but so sad aku nggak punya rekam jejaknya. aku nggak bisa kasih contoh yang bener-bener thristy sih itu sebenernya contoh di atas masih kurang mantep tapi sampai sini paham kan kira-kira maksudnya?
OIYA DISCLAIMER Bottled ini bukan aplikasi pencari jodoh ya pliss, jangan terlalu gamblang nyebutin kalau kamu mau cari pacar 😭 Go install Tinder aja sana! 😭

Ada lagi nih tips buat yang bukan first-timer yaa.. pokoknya kalian yang udah punya cukup koin buat beli hadiah; beer, starfish, pearl, gold bar, diamond. Coba kalian ajakin tawaran trade gift atau tukar hadiah. caranya kalian bikin surat lagi yang isinya ajakan buat tukar hadiah kalau botol kalian di keep. dijamin deh banyak yang nge-keep kalau ada tawaran kayak gitu.

3. Sambil nunggu surat kalian diambil orang, jangan lupa keep botol-botol yang nyangkut di pantaimu!

ini adalah cara paling simpel buat ngobrol sama temen baru. nggak perlu kirim surat, kita cuma butuh nge-keep botol orang terus kita udah bisa chat sama orang itu.

oiya ada tips lagi ketika kamu chat sama orang tapi ngerasa apa yang diomongin hal-hal yang nggak senonoh dan kamu merasa nggak nyaman, ada fitur block dan report, jangan takut! orang yang kita report otomatis akan ter-delete dari friend list kita. dan hati-hati, kalau di sini kasusnya kamu yang di report sama orang, terus di notice sama pihak bottlednya, otomatis reputasi kalian bisa turun ke 0 dan berubah jadi warna merah! tetep hati-hati ya! be nice to everyone.

Nah, ini udah selesai yaa masalah gimana mulai cari temen, sekarang aku mau bahas hal-hal lain yang perlu kamu ketahui di dalam aplikasi Bottled ini.

Reputasi

setiap satu botol yang kalian kirim, lalu ada orang yang ngambil/nge-keep botol kalian, otomatis reputasi akan bertambah +1. selain di dapat dari mengirim botol, kalian juga bisa dapat reputasi dari hadiah-hadiah yang diterima. seperti yang udah aku jelaskan di atas, setiap hadiah punya poin penambahan reputasinya masing-masing. aku cantumin fotonya nih di bawah:



terus seperti yang udah aku jelasin juga tadi, reputasi bisa terjun bebas ke angka 0 kalau kalian melakukan innaprociate action atau hal-hal yang dirasa tidak sopan. no matter reputasi kalian saat itu udah sampe ratusan bahkan ribuan tapi sekali ada yang ngelaporin kalian berbuat hal yang nggak sopan dan pihak bottled menyetujuinya, tamat deh reputasi kalian.

Secret Code/ Kode Rahasia



ini apa lagi? jadi kalau kalian liat ikon koin di aplikasi Bottled, coba klik dan scroll kebawah. di sana ada kolom "got a secret code?" kalian bisa masukin kode P1R4T3, bingo! abis itu dapet 5 koin gratis! (kalo nggak salah 5 sih, aku lupa)
selain P1R4T3, kalian juga bisa coba review aplikasi Bottled, kasih 5 bintang, habis itu screenshot bukti review kalian teru kirim ke email support bottled, di deskripsi aplikasi tercantum. beberapa hari kemudian kalian bakal dikirimin kode rahasinya sama pihak Bottled lewat e-mail. T-tapi itu 2 tahun yang lalu sih.. nggak tau sekarang masih berlaku atau nggak. but why don't you give it a try?

Country Avoided

ini fitur dimana kamu bisa ngecualiin negara-negara mana aja yang kamu nggak mau botolmu nyangkut ke negara itu. contohnya kamu bosen banget ketemu terus-terusan sama orang India atau US, friendlist-mu udah kebanyakan orang Indianya, terus botol-botol yang nyangkut di pantai juga dari orang-orang India mulu, kalian bisa cobain fitur ini. coba pergi ke Settings, terus cari opsi 'country avoided'. pilih negara mana aja yang mau di kecualikan dan voila! kamu nggak akan dapet botol dari negara-negara itu lagi.

Okay i think this is the end of this post karena mataku berat banget. sebenernya masih banyak yang mau ku-sharing tentang aplikasi ini. but i believe i still got another time so.. see u on the next update! ngatuk banget sumpah sekarang jam 5 pagi aku belum tidur. iya tau, nggak ada yang nanya.




Comments

  1. Terima kasih ,bermanfaat sekali informasi nya 👍👍

    ReplyDelete
  2. Thanks,,aplikasinya bagus sekali dan akuu tertarik 😁

    ReplyDelete
  3. gw udah cobain dan beneran sangat-sangat keren :)

    ReplyDelete
  4. KK, itu saya sudah pakai apk bottled, ada teman bule saya ngirim foto, saya cari files for ada fotonya, dan juga di folder bottled gk ada foto , jadi sebenarnya foto yg kita terima itu tersimpan atau tidak di hp kita ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya fotonya nggak tersimpan di hp kita. alternatif lainnya kamu bisa screnshoot foto yang dikirim dari temanmu itu. semoga bisa membantu ya :)

      Delete
  5. Kalau udah ada yg ambil botol kita, trus kita mau coment gmna ya? Soalnya cmn ada di pemberitahuannya dan saga gak tau cara mau chat sma yg ngambil botol kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah ada yang ngambil (keep) botol kamu, bisa klik ikon pesan yang diatas atau geser slide ke kanan terus tinggal klik orang yang ngekeep botolmu tadi dan bisa mulai kirim pesan..

      Delete
  6. Kak itu kalo nulis biar dipojok atas ada tanggal sama tempatnya itu diketik atau otomatis ada sendiri?

    ReplyDelete
  7. Lw dpt tmn yg dr india, knp pda rsuh yg chat'y...psti ujg"y brbau por**..jd'y bkin mlz trma btol dr mreka

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku bantu jawab ya.
      kamu bisa setting blocked negara nya kok.
      kamu ke profile kamu, klick photo profile kamu, di bagian agak bawah ada "countries avoided" lalu pilih aja negara mana nya. semoga membantu.

      Delete
  8. Kak buat naikin reputasinya itu gimana ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirim botol yang banyak, yg menarik isinya biar orang mau nge keep botol kamu

      Delete
  9. Kak, punya kode rahasia buat dapetin koinnya ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain: P1R4T3
      Sama kamu bisa kasih rate 5 bintang ke aplikasi botol di playstore/appstore, habis itu jangan lupa di screenshot, teruss kirimin deh screenshotannya ke email tim bottle! Emailnya ada di deskripsi app nya kok. Terus tinggal ditunggu aja feedbacknya nanti kamu dikasih secret kode.

      Delete
    2. Tapi aku udah coba lake kode itu gak bisa kak

      Delete
    3. berarti kemungkinan besar kodenya udah ga berlaku :(

      Delete
  10. cara naikin point reputasi gimana ya tolong penjelasannya secara jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Poin reputasi itu naik ketika ada orang yang nge-keep botol kamu. Setiap di keep nambah 1 rep. Selain itu poin reputasi juga bisa nambah pas ada orang yang kasih gift/hadiah, jumlah poinnya beda beda setiap hadiah.

      Trus cara naikin repnya gimana?
      1. Rajin-rajin kirim botol dengan isi yang menarik. Harus menarik biar orang mau keep botol kamu.

      Udah sih satu doang caranya karena sesimpel itu buat dapet reputasi. Intinya maim bottled jangan cuma ngekeep botol orang yang ada di shore/pantai kita doang, tapi harus rajin juga kirim botol!

      Delete
  11. WKWKW KAYAKNYA AKU HARUS REVISI ARTIKEL INI KARENA RAME 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. OKAY EVERYONE I ALREADY UPDATED THE POST!

      Delete
  12. kak aku udah instal aplikasi botle , gmn sih cara nya nulis adventure ?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sebelah kolom messeges/pesan itu kan ada kolom adventure. tinggal klik tambah aja di pojok kanan bawah, ada kok!

      Delete
  13. Cara buka botle dari org gimanasih ka:(?

    ReplyDelete
  14. Kak,kok gak ada botol yg terdampar di pulau ku y😑😭,,

    ReplyDelete
  15. Ka, klo misal gak sengaja nge report orang reputasi orangnya apa auto berkurang? Dan orangnya tau nggak klo kita yg nge report?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak auto, kok! soalnya team bottled bakal meninjau dulu apakah benar user tersebut melakukan pelanggaran, kalau nggak ditemukan gk bakalan turun repnya. orangnya juga gk akan tau kalau kita yang nge-report.

      Delete
  16. Assalamualaikum kak, Aku udh instal aplikasi ini 1 bulan lamanya. Terus kan aku tiba-tiba berhenti selama 2 mingguan, tapi sementara. Eh.. temanku hapus aku kiranya mungkin aku gak aktif lagi.. ada gak sih cara lain nambah teman selain buat botol terus dilempar ke laut. Misalnya nambah pake username gitu..🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam, hi! bisa kok pake parrot! tapi syaratnya harus tau username-nya dulu yaa. selain itu kamu bisa pergi ke global adventure (gambar bumi) terus kamu bisa send bottle ke orang-orang yang kamu pengenin di situ dengan cara klik adventure-nya. semoga membantu!

      Delete
  17. Kak, kalo mau ngirim hadiah ke org lain dari hadiah yang kita punya (yang ada di bio), bisa ga ya?

    ReplyDelete
  18. Kak kalau kita pilih "delete user" yg ada di room chat tuh apa berarti kita udah gak temenan sama orang yg kita delete itu ya? Dan kita gak bisa saling kirim chat lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa. tapi kalau belum di block bisa dihubungi lagi dengan cara kirim parrot

      Delete
    2. Berarti harus diblock dulu gitu ya kak? Wkwk. Makasih banyak kak

      Delete
  19. Replies
    1. edit pesan di surat maksudnya? nggak ada..

      Delete
  20. Kak kok aku ga pernah dapet surat ya? Sedih banget:( stiap aku kirim surat pasti ditolak padahal yang nolak aku itu orang yg dr negara yg kusukai gt la

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sabar yaa haha, mungkin lain kali suratnya dibikin lebih menarik lagii, semangatt!

      Delete
  21. Kak, cara biar banyak botol yg terdampar di tempat kita tuh gimana sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini aku nggak tau cara pastinya gimana, soalnya kadang ada waktu di mana banyak banget botol yang nyangkut sampe bertumpuk-tumpuk, kadang juga bener2 gaada botol yang nyangkut sama sekali. maybe just be patient ;)

      Delete
  22. Kak kenapa ya botol aku terdamparnya di indonesia Mulu🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha i can relate! coba di settings cari opsi "country avoided" terus pilih Indonesia. setelah itu botol kamu nggak akan terdampar di Indonesia dan jg kamu ga akan nerima botol dari Indonesia lagi

      Delete
  23. Kak, cara hapus foto di bottled tnpa hapus chattan gmn ya kak? Makasih hehe

    ReplyDelete
  24. Replies
    1. ke bagian settings terus scroll ke bagian paling bawah ada opsi "delete my account"

      Delete
  25. Assalamualaikum kak. 😁
    Saya mau tanya, kita bisa ga ganti Username? Soalnya nama yang aku buat kepanjangan 😭.
    Sewaktu aku tes, app nya bilang " you already changed" gituuuuu kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingetku sih cuma bisa ganti sekali, jd kalo udah pernah ganti gabisa lagi huhu

      Delete
  26. Kak, cara dapetin parrotnya gimana sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parrot bisa dibeli pake coins di Merchants Ship, ya! harganya 10 coins

      Delete

Post a Comment