Review BRT Trans Purwokerto-Purbalingga : Murah Banget Parah!


Bus Rapid Transit (BRT) yang beroperasi di jalur Purwokerto-Purbalingga dan Purbalingga-Purwokrto ini, saya sudah naik!! Jadi setelah menunggu berhari-hari sampai resmi dioperasikan akhirnya bisa naik. 
Terus?



Bisnya kece badai. Mulai dari eksterior, Bisnya bercat merah (seluruh armada berwarna merah sepertinya), dibagian pantatnya ada motif batik (sejauh yang saya lihat ada 2 motif, batik bergambar kelelawar dan satunya lagi bergambar bunga-bunga) bagian tengah-kedepan space promosi obyek wisata yang ada di Banyumas dan Purbalingga.  Indonesia banget.
Karena pintunya cuma satu ditengah jadi harus naik lewat shelter/haltenya, yang ini semua orang sepertinya tahu.

Interior! Tempat duduknya nempel nempel dipojok dan menyisakan space ditengah untuk orang bergelantungan. Tapi jangan lupa untuk nggak membiarkan ibu-ibu hamil bergelantungan juga ya, apalagi grandma-grandma.


Walaupun mungkin naik BRT dalam situasi rame sampai berdesak-desakan, jangan khawatir karena selain ber-AC bis kece ini juga full music! Soal musik apa yang diputar sepertinya bis ini juga ingin memberi kesan ‘modern’ dengan memutar lagu-lagu barat.

Saran aja, sih, mungkin bisa membuat playlist lagu-lagu nasional maupun daerah yang mulai dilupakan, lagu anak-anak macam ‘anak kambing saya’ supaya berasa sedang naik odong-odong. BAHKAN lagu ‘hhhmmmm’ nggak terdengar di bis ini.

Jarak rute yang ditempuh BRT dari Purwokerto menuju Purbalingga yaitu 26,4 km. Sedangkan jarak rute Purbaingga-Purwokerto 39 kilometer. Tarifnya murah banget, dua ribu untuk veteran, anak-anak, pelajar, dan mahasiswa. Empat ribu untuk umum.

Satu informasi lagi yang perlu dipahami bagi siapapun yang pengin naik BRT dari Purwokerto ke Purbalingga maupun sebaliknya, setiap sudah sampai terminal bulupitu Purwokerto lalu pengin lanjut (maksudnya nggak tinggal diterminal) bisa tetap naik BRT awal tetapi petugas akan memberi karcis lagi dan kita bayar lagi (semoga dapat dipahami).

Soal jam berapa saja BRT akan lewat disetiap shelter, saat ini belum ada jadwal rincinya, cukup kita sabar menunggu di shelter yang sudah disediakan dan kurang lebih lima belas menit kemudian BRT akan lewat.
Tunggu apa lagi dong, yuk naik! 
oh ya, disediakan kresek juga bagi yang biasanya mabuk darat.

Comments

Post a Comment